Tugas softskill
Perilaku Konsumen
Muhammad Najmi Yusuf
KELAS 3EA11
NPM 15212014
Soal
Bagaimana
perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian belanja on line?
Jawaban
Menurut saya, pertama-tama kita harus mengetahui apa
itu yang dimaksut perilaku konsumen.Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui oleh seseorang/ organisasi dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan membuang produk atau jasa setelah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya. Perilaku konsumen akan diperlihatkan dalam beberapa tahap yaitu tahap sebelum pembelian, pembelian, dan setelah pembelian. Pada tahap sebelum pembelian konsumen akan melakukan pencarian informasi yang terkait produk dan jasa. Pada tahap pembelian, konsumen akan melakukan pembelian produk, dan pada tahap setelah pembelian, konsumen melakukan konsumsi (penggunaan produk), evaluasi kinerja produk, dan akhirnya membuang produk setelah digunakan..Jadi sebelum pembeli belanja di media online,pembeli wajib
mengetahui keunggulan dan kelemahan dalam belanja online tersebut.Keunggulan
dari berbelanja online adalah dari segi waktu,kita bisa akses kapan saja,pesan
apa saja tanpa harus berpergian ke suatu tempat terlebih dahulu.Pembeli juga
tidak terikat oleh jarak,mau dimana pun bisa asal ada akses internet.Kelemahan
dalam sistem belanja on line adalah terkadang barang yang tiba tidak sesuai
spesifikasi,terlambat datang,apabila terjadi kesalahan pengiriman akan rumit.Si
pembeli wajib mengetahui tempat online yang akan dikunjungi itu seperti
apa,terpercaya atau tidak,kredibel atau tidak,dan yang pasti salah satu cara
yang ampuh untuk mengetahui itu semua adalah dari testimoni pelanggan.Konsumen/pembeli
juga tidak sungkan untuk bertanya tentang produk dan lain-lain, harus mempunyai rasa tanggung jawab dan kepercayaan satu sama lain antara penjual dan pembeli.
http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar