Tugas Etika Bisnis "Iklan kurang beretika"
NAMA MUHAMAMAD NAJMI YUSUF
15212014/ 4EA11
PENDAHULUAN
Di jaman sekarang ini, Persaingan antar pebisnis/usaha satu dengan yang lainnya sangat ketat. Berbagai cara mereka lakukan agar dapat menarik minat konsumen. Dimulai dari menawarkan produk yang berkualitas,harga yang murah,potongan harga yang selalu jadi jurus jitu sampai promosi/periklanan yang gencar. Tetapi akhir akhir ini kita bisa lihat bahwa etika dalam mempromosikan produk semakin keluar dari jalur jalur yang beretika.Sekarang para produsen lebih konsen membuat iklan tanpa memperdulikan isi iklan dan hubungannya dengan produk tersebut nama produk saya ambil adalah permen kopiko. Kopiko adalah merk permen kopi yang sudah memiliki pangsa pasar yang besar di Indonesia, dengan positioning sebagai permen kopi yang lebih berasa kopi. Sedangkan espresso adalah brand pendatang baru dalam kelas permen kopi yang ingin “memakan” pasar dari kopiko.
TEORI
Pengertian iklan menurut bahasa adalah memperkenalkan suatu barang,produk dan mempromosikan barang atau pun jasa baik secara online mau pun offline yang disampaikan melalui media dan di biaya oleh pemrakarsa yang dikenal serta di tunjuk sebagian masyarakat melalui, radio, televisi, suratkabar, majalah dan lain-lain
Menurut Liliweri (2011) contoh iklan juga merupakan salah satu paktor bentuk komunikasi bertujuan untuk memersuasi para pendengar
ANALISIS
Menurut saya perusahaan ini harusnya perusahaan harus bertindak dewasa. Karena perusahaan pasti sudah tahu tentang peraturan dan perundan-undangan namun perusahaan tidak menghiraukan peraturan karena lemahnya peraturan di indonesia. Di jaman sekarang ini banyak sekali yang menfaatkan segala hal tanpa melihat etika etika apakah itu pantas atau tidak jadi para brand pendatang baru tidak boleh menyampaikan iklan tersebut dengan unsur dewasa karena banyak anak anak yang sedang menonton tv atau melihat berita yang tidak pantas karena iklan yang kurang beretika tersebut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar