Perilaku konsumen pengertian dan tujuan mempelajari
prilaku konsumen
NAMA : MUHAMMAD NAJMI YUSUF
NPM : 15212014
KELAS : 3EA11
Perilaku
konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang
berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta
pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku
konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membua keputusan pembelian. Untuk barang berharga
jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan
mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses
pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.
Pentingnya
Mempelajari Perilaku Konsumen
Ada sejumlah alasan mendasar mengapa perilaku
konsumen di pelajari, yaitu :Konsumen dengan perilakunya (terutama perilaku
beli) adalah wujud dari kekuatan tawar yang merupakan salah satu kekuatan
kompetitif yang menentukan intensitas persaingan dan profitability perusahaan.
Analisis konsumen adalah landasan manajemen
pemasaran dan akan membantu manajer dalam melakukan hal berikut :
-
Merancang bauran pemasaran
-
Melakukan segmentasi pasar
-
Melakukan positioning
-
Melakukan analisis lingkungan perusahaan
-
Mengembangkan trend penelitian pasar
-
Mengembangkan produk baru maupun inovasi produk lama
Analisis konsumen memainkan peranan sangat penting
dalam pengembangan kebijakan public. Misalnya: perilaku konsumen terhadap
sembako yang menghasilkan seperangkat peraturan pemerintah yang mengatur
persediaan sembako tersebut.
Pengetahuan mengenai perilaku konsumen dapat
meningkatkan kemampuan pribadi seseorang untuk menjadi konsumen yang lebih
efektif.
Analisis konsumen memberikan pemahaman tentang
perilaku manusia. Studi mengenai perilaku manusia memberikan paling tidak tiga
informasi, yaitu :
-
Orientasi konsumen
-
Fakta tentang perilaku pembeli
-
Teori – teori yang menuntun proses berpikir.
Singkatnya perilaku konsumen di pelajari agar lebih
memahami tentang apa yang di beli oleh konsumen, mengapa, dimana, kapan, dan
seberapa sering ia membeli. Pengetahuan ini kemudian di pakai untuk menciptakan
cara untuk memuaskan/memenuhi kebutuhan mereka dan menciptakan kebutuhan yang
baik untuk berkomunikasi dan mempengaruhi mereka. Jadi, itu semua adalah
kajian-kajian yang sangat mendasar dalam seluruh kegiatan pemasaran. Sebagai
pemasar, perilaku konsumen merupakan pegangan untuk benar-benar menjadikan
dirinya digerakkan oleh pasar atau konsumen (to be market/consumer driven),
sehingga mustahil bila seorang pemasar atau ahli pemasaran mengabaikan
pengetahuan dan pemahaman tentang perilaku konsumen. Perilaku konsumen adalah
dasar untuk membangun keunggulan kompetitif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar